Kamis, 02 Juni 2011

" Blencong Mas "


" Makna Blencong Mas "
Blencong Mas terdiri dari dua kata. Blencong dan Mas yang keduanya merupakan kata benda yang memiliki arti satu yakni LAMPU HIYAS

Blencong lampu hiyas yang diukir terbuat dari perunggu atau kuningan. Bahkan blencong tersebut ada yang dilapisi emas dengan harapan tampilan lebih indah dan menarik.
Karena Blencong merupakan alat perlengkapan yang digunakan pada saat tampilan pertunjukan atau pagelaran wayang purwa langsung sebagai lampu penerang sebelum lampu daya listrik ada merata, khususnya di Tanah Jawa waktu itu, di
ciptakan oleh luluhur kita, sejalan dengan diciptakan wayang kulit.

Blencong pada dunia pendidikan digunakan sebagai simbol yang bertuliskan ; TUTWURI HANDAYANI, satu diantara yang di sampaikan oleh Tokoh pendidikan Ki Hajar Dewantara, yaitu :
  1. Ing ngarsa asung tuladha,
  2. Ing madya mangun karsa,
  3. Tutwuri handayani
Tiga penggal kalimat tersebut berasal dari bahasa daerah Jawa.
1. Ing ngarsa asung tuladha artinya
;
Pendidik ( utamanya guru ) didepan peserta didik hendaknya dapat menjadi contoh dan memberikan contoh dalam kehidupan dilingkungan masyarakat, (di luar, di dalam kelas) dengan harapan kelak hasil didik TIDAK HANYA cerdas otak, tetapi cerdas hati, serta MEMILIKI HARKAT dan MARTABAT.

2. Ing madya mangun Karsa artinya ;
Pendidik di tengah-tengah peserta didik hendaknya dapat mewujutkan apa yang sudah dimilikinya, mewujutkan bakat dan minatnya ( semangatnya ) tumbuh dan berkembang secara wajar, sejajar dengan perkembangan jiwanya serta pekah terhadap perubahan tehnologi, informasi yang begitu cepat.
Maka guru sebagai pendidik dan pengajar harus mampu mengikuti perkembangan jaman dengan tidak meninggalkan budaya bangsa, adat istiadat bangsa Indonesia yang ADI LUHUNG.

3. Tutwuri Handayani artinya ;
Pendidik diharapkan dapat mengikuti perkembangan setiap peserta didiknya dan mengarahkan bila terjadi penyimpangan dari nilai-nilai luhur budaya bangsa, serta melatih dan mendorong secara terus menerus agar peserta didik selalu memiliki semangat belajar, yakni mau mengubah dirinya dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak tahu menjadi tahu, dari bodoh menjadi pandai. Selalu aktif, kreatif dan mampu berpikir kritis logis.
Agar dirinya menjadi manusia dewasa, manusia seutuhnya secara lahir dan bathin.
Kesimpulan :
BLENCONG MAS mengandung makna, semangat yang selalu menyala. Seperti api yang tak kunjung padam. Terus semangat mendidik diri sendiri agar cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945 dapat terwujut.
Semangat atau Sinar indah yang terjadi dari sinar lampu blencong dan pantulan emas, menimbulkan sinar indah dan menarik, mempunyai daya saing dan harga jual tinggi karena memiliki kompetensi. secara kualitatif atau kuantitatif.


Pencapaian tujuan pakeliran atau ( pendidikan ) akan segra terwujut, bila pelaksanaan pakeliran diserahkan pada Dalang ( orang melakonkan wayang ) yang memiliki ilmu pedalangan.

Maka Pendidikan sangat penting dalam mewujutkan cita-cita proklamasi. Sangat disesalkan bila tanah air tercinta Indonesia yang telah direbut dengan darah dan air mata serta nyawa dan harta benda tidak diisi dengan baik. Hasil jerih payah para kusuma bangsa kita
sia - sia bila PAGELARAN TIDAK DITANGANI dengan serius. lebih - lebih pemenggang / penjamin tidak memiliki kompetensi di bidangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda kutunggu....